ALFARIQIYEZ.BLOGER.ID

HOME ABOUT CONTACT WAPBLOG.ID

R.A Kartini Pahlawan Emansipasi Wanita

21 April
Tanggal 21 April
Alfariqiyez ~ R.A Kartini Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Selamat malam kawan jumpa lagi dengan admin sang pemilik Blog sederhana ini. Berhubung sekarang masih dalam suasana hari kartini ane mau post tentang Hari Kartini, seharusnya ane post Hari Kartini kemarin tapi karena kemarin ane kagak aktif di WBID dan dari kemarin terkadang WBID MAINTENANCE (maaf kalo nulisnya salah hihi ) jadi ane post tentang R.A Kartini sekarang toh gak ada yang nglarang kan kalo ane post Hari Kartini tanggal 23 April hehe

Biografi Kartini

R.A Kartini
Lukisan R.A Kartini

  • Nama : Raden Adjeng Kartini
  • Tempat Lahir : Jepara, Jawa Tengah, Hindia Belanda*)
  • Tanggal Lahir : 21 April 1879
  • Meninggal : Rembang, Jawa Tengah, Hindia Belanda
  • Nama Lain : Raden Ayu Kartini
  • Julukan : Pahlawan Emansipasi Wanita
  • Agama : Islam
  • Pasangan : K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat
  • Pendidikan : ELS (Europese Lagera School)

NB* : Hindia Belanda karena tahun 1879 - 1928 Nama Indonesia belum ada

Raden Adjeng Kartini atau yang biasa kita kenal dengan R..A Kartini adalah pahlawan Nasional Indonesia ia dikenal sebagai tokoh pelopor Emansipasi wanita. Dia adalah putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasiroh, Kartini berasal dari kalangan Priyayi atau Bangawan Jawa. Kartini dilahirkan pada tanggal 21 April 1879 di Jepara. Kartini merupakan anak ke 5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri, beliau bersekolah di ELS (Europese Lagera School) disana ia belajar bahasa Belanda, namun ia tidak sampai selesai karena pada usia 12 tahun ia harus tinggal dirumah karena sudah bisa di pingit. Berkat kemahirannya berbahasa Belanda Ia mulai belajar mengirim surat kepada Korespondensi yang berasal dari Belanda salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya, pada diri Kartini timbul keinginan untuk memajukan perempuan pribumi karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada status sosial yang rendah.

Buku-buku yang pernah dibaca oleh kartini diantaranya buku dengan judul Max Havelaar dan surat-surat cinta karangan Multatuli, De Stille Kraacht (Kekuatan Ghaib) karangan Louis Coperus, Yang bermutu tinggi karangan Van Eeden, Yang sedang-sedang saja karangan Augusta de Witt, Roman-feminist karya Nyonya Goekoop de-Jong Van Beek, dan sebuah roman anti-perang karangan Berta Von Suttner, Die Waffen Nieder (Letakkan Senjata). Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903 dengan seorang Bupati Rembang yang bernama K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, dari pernikahan tersebut Kartini mendapatkan seorang anak yaitu Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada 13 September 1904. Selang 4 hari setelah melahirkan tepatnya tanggal 17 September 1904 Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun. karya yang terkenal dan di karang langsung adalah buku berjudul "HABIS GELAP TERBITLAH TERANG"

Makna Lagu Ibu Kita Kartini

Ibu Kita Kartini
Lirik Lagu Ibu Kita Kartini

Siapa yang tidak hapal lagu Nasional ini?, lagu ini adalah lagu yang di karang oleh Wage Rudolf Supratman lagu ini ditunjukan untuk Kartini karena semangatnya yang dapat mengubah perempuan Pribumi Indonesia yang dulu hanyalah beruang lingkup di dapur dan memiliki keadaan Sosial yang rendah menjadi kaum yang sekarang dapat bermitra dengan kaum laki-laki untuk memajukan kesejahteraan keluarga di luar lingkup rumah dan tetap tidak mengesampingkan kondratnya sebagai Wanita yang tetap patuh dan taat kepada sang suami.



Keyword : Raden Adjeng Kartini,Biografi Kartini, kartini dan emansipasi wanita,pahlawan emansipasi wanita,pahlawan nasional,sejarah kartini

Comments

Please login first for post a comment